Pages

Senin, 26 November 2012

PERILAKU DAN CARA HIDUP KOMODO






Kadal raksasa  atau  Komodo yang terkenal di dunia adalah hewan asli Kepulauan Flores.yang berada di daerah NTT. Hewan ini suka hidup di padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah, hewan  ini menyukai tempat panas dan kering.

 Mereka aktif pada siang hari, walaupun kadang-kadang aktif juga pada malam hari. Komodo adalah binatang yang penyendiri, berkumpul bersama hanya pada saat makan dan berkembang biak.
Reptil ini dapat berlari cepat hingga 20 km per jam,berenang dan mampu menyelam sedalam 4.5 meter; serta pandai memanjat pohon menggunakan cakar kakinya yang kuat.


Komodo memiliki tempat tinggal dibawah tanah.mereka menggali lubang sekitar 1-3 meter dengan kaki cakarnya yang kuat.Karena besar tubuhnya dan kebiasaan tidur di dalam lubang,
Komodo dapat menjaga panas tubuhnya selama malam hari dan mengurangi waktu berjemur pada pagi selanjutnya. Komodo umumnya berburu pada siang hingga sore hari, tetapi tetap berteduh selama bagian hari yang terpanas.

Tempat-tempat sembunyi komodo ini biasanya berada di daerah gumuk atau perbukitan dengan semilir angin laut, terbuka dari vegetasi.dengan hidupnya yang suka berada dalam lubang hewan ini akan dengan mudah mendapatkan mangsa.untuk menjadi santapannya.
Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Komodo


0 komentar:

Posting Komentar